Tempat Makan Bakmi Paling Enak di Bandung

Salah satu tujuan kuliner favorit kerabat saya yang berasal dari Jakarta saat sedang berlibur ke Bandung adalah makan bakmi! Kata mereka, bakmi di Jakarta beda dengan bakmi di Bandung.

Bakmi Bandung (atau dikenal juga sebagai yamien) adalah sajian mie yang berasal dari Tiongkok berupa mie halus yang disajikan manis atau asin dan dihidangkan dengan irisan ayam dan semangkuk baso/pangsit kuah.

Berikut 10 bakmi terenak di Bandung:

1. BAKMI NARIPAN

Inilah salah satu bakmi terenak di Bandung yang sudah menjadi legenda. Mie Naripan sudah buka sejak tahun 1965. Bakmi atau yamien di sini diolah dengan resep keluarga yang sudah turun-menurun. Mie-nya diolah sendiri dengan adonan telur yang lebih banyak daripada umumnya. Karena itulah yamien di Mie Naripan ini memiliki tekstur yang lebih kenyal. Porsinya juga besar banget! Menu favorit di Mie Naripan ini adalah yamien manis yang disajikan dengan daging cincang. Ada juga babat kuah dan baso goreng. Tapi baso gorengnya tidak halal. Mie Naripan berlokasi di Jl Naripan 108, di sebuah bangunan jadoel yang cukup luas. Harga per porsinya cukup mahal, tapi bisa Anda siasati dengan makan seporsi berdua.

2. BAKMI GANG LUNA

Sesuai dengan namanya, Mie Lezat Gg Luna ini memang memiliki rasa lezat. Layaklah untuk dinobatkan sebagai salah satu bakmi terenak di Bandung. Mie Lezat sudah buka sejak tahun 1990-an. Awalnya, Mie Lezat hanya buka di sore hingga malam hari di sebuah gerobak kaki lima di Gang Luna. Kini, Mie Lezat sudah dapat dinikmati sejak siang hari. Anda yang ingin lebih nyaman pun bisa memilih untuk duduk di dalam ruangan. Mie Lezat Gg Luna ini memiliki ciri khas mie-nya yang kurus-kurus, dengan tekstur kenyal dan kuah yang tidak terlalu berminyak. Sempatkan juga untuk mencicipi bakso tahu kuahnya.

3. BAKMI ROYAL

Mungkin belum banyak yang mengenal Bakmi Royal. Bakmi Royal ini buka di Jl Suryani dalam. Kedainya sederhana di halaman sebuah rumah. Mie Royal ini rasanya enak banget. Mienya kurus-kurus dan kenyal dengan potongan daging ayam cincang berbentuk dadu yang bercitarasa manis. Porsinya juga cukup besar. Setahu saya, mie dari yamiennya adalah homemade. Bakso dan pangsitnya juga enak. Sayangnya, Bakmi Royal ini hanya buka hingga jam lima sore dan tutup di hari Minggu.

4. BAKMI KARET

Walaupun namanya Bakmi Karet, bukan berarti teksturnya seperti karet, lho! Dinamakan bakmi karet karena teksturnya kenyal dengan ukuran mie yang lebih besar dari umumnya. Selain bakmi karet, ada juga mie biasa, bihun, dan kwetiaw. Setiap porsi di Bakmi Karet ini disajikan dengan irisan baso goreng. Yummy! Supaya lebih mantap, Anda bisa memesan pangsit, baso fian (dari daging babi), dan sui kiau (sejenis pangsit dengan isian udang). Bakmi Karet ini juga bahkan menyediakan menu dimsum. Asyik deh pokoknya! Bakmi Karet ini berlokasi di Jalan Cibadak No 293 A, Bandung. Datanglah ke sana pagi-pagi karena mereka hanya buka pukul 07.00 – 15.00. Siap-siap juga untuk ngantri karena mereka selalu laris manis!

5. BAKMI RICA KEJAKSAAN

Nah, para penggemar pedas wajib mencoba bakmi terenak di Bandung yang ini. Mie Rica Kejaksaan! Mie Rica Kejaksaan ini bertempat di Jl Kejaksaan No 7, Bandung. Lokasinya persis di persimpangan Jalan Kejaksaan dan Jalan Morse. Tidak sulit untuk menemukannya. Anda akan melihat sebuah rumah kuno yang tidak terlalu luas dan hampir selalu dipenuhi pengunjung. Mie Rica ini tercipta dari kecintaannya pemiliknya yang masih keturunan Manado terhadap mie pedas. Lahirlah mie rica. Menu favorit di sini adalah Mie Rica Babi. Rasa pedasnya… ssss hah… bakal membuat lidah terbakar dan keringat mengucur. Namun bagi Anda yang tidak doyan pedas (seperti saya ini), Anda bisa memesan Mie Iga Sapi atau Mie Caciang. Buat yang ingin coba mie rica tapi khawatir tak kuat pedas, Anda bisa minta pedas level sedang atau ricanya dipisah.

6.BAKMI MISKAM

Banyak yang bilang, Bakmi Miskam ini rasanya mirip dengan Mie Encek dengan harga yang lebih murah. Miskam ini rupanya adalah singkatan dari Mie Istimewa Selera Kami. Menu yang paling dicari-cari di Bakmi Miskam tentu saja adalah yamien manisnya. Selain yamien, Bakmi Miskam ini juga menjual mie bakso kuah. Bakmi Miskam berjualan di Jl Talaga Bodas 52, Bandung.

Memang kalo makan bakmi itu udah ga bisa ditolak lagi, semua bakmi juga enak sih menurut saya,hehehe…

VLoger makan bakmie enak di bandung:

Post Author: admin