susu hamil

Beda Susu hamil dan Susu Biasa Yang Suka Kita Minum

Minum susu sangat baik untuk tubuh kamu, tapi saat hamil apakah susunya sama seperti susu yang biasa kita minum??

Saat hamil, keluarga atau sahabat biasanya akan menyarankan Anda untuk minum susu hamil daripada susu biasa. Sebenarnya, apa beda keduanya?

Kebutuhan nutrisi ibu hamil berbeda dengan wanita pada umumnya. Sebab kehamilan menuntut seorang wanita untuk memenuhi juga kebutuhan nutrisi janin yang ada di dalam kandungannya.

Nah, salah satu asupan yang turut berperan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan adalah susu. Tapi mana yang sebaiknya Anda minum, susu biasa atau susu hamil?

Susu Biasa versus Susu Hamil

Umumnya, susu biasa mengandung protein, kalsium, lemak, karbohidrat, kolesterol, dan berbagai vitamin serta mineral penting. Manfaatnya bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari pembentukan tulang hingga mencegah terjadinya gigi berlubang.

Sayangnya, kandungan nutrisi yang ada di dalam susu biasa tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil disarankan minum susu yang memang diformulasi untuk kehamilan.

Susu hamil hampir sama seperti susu biasa, hanya saja kandungan lemak dan kolesterol pada susu hamil lebih sedikit. Di samping itu, susu hamil umumnya juga diperkaya dengan sederet nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

susu hamil

Tambahan nutrisi pada susu hamil dimaksudkan agar kebutuhan nutrisi ibu hamil terus terpenuhi. Dengan demikian janin di dalam kandungan pun dapat berkembang lebih optimal.

Beberapa nutrisi yang biasanya ditambahkan adalah zat besi, natrium, kalium, serta asam folat. Keempatnya berperan dalam meningkatkan volume darah dan mencegah anemia pada ibu hamil. Sedangkan asam folat membantu mencegah cacat lahir akibat sistem tabung saraf yang tidak menutup sempurna (neural tube defect).

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa susu biasa dan susu hamil memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda. Susu biasa hanya sebatas menjaga kesehatan tubuh secara umum. Sedangkan susu hamil benar-benar dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi wanita yang sedang hamil.

Makanya jangan ketuker ya kalo mau minum susu,hehe.

Post Author: admin

Leave a Reply