Cara Menghilangkan Berbagai Noda Pada Pakaian

Sabtu, 13 November 2010 - 17:32:07 WIB
Cara Menghilangkan Berbagai Noda Pada Pakaian
Diposting oleh : Administrator Rajaresep.com
Kategori: Tips & Trick - Dibaca: 4128 kali


Cara Menghilangkan Berbagai Noda Pada Pakaian

Menjengkelkan.Apabila pakaian kita terkena noda. Jangan panik, ikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan noda tersebut dari pakaian kesayangan anda atau keluarga.


Noda Saus
Kalau terkena saus tomat atau saus mustard, segera bersihkan pakaian dengan air hangat. Lebih baik lagi kalau noda itu dibubuhi gliserin. Kalau noda itu menjadi merah, tidak usah khawatir karena akan hilang saat dicuci.

Noda Parfum
Parfum yang disemprotkan ke pakaian kadang meninggalkan bekas. Untuk membersihkannya, rendam pakaian di air hangat selama setengah jam. Lalu cuci seperti biasa.
Atau rendam pakaian dalam air yang diberi cuka selama beberapa jam. Setelah itu cuci seperti biasa.

Bisa juga cuci pakaian dengan air hangat lalu gosok noda parfum dengan gliserin. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa. Cara lain, noda bekas parfum pada pakaian bisa dihilangkan dengan cairan amoniak yang tidak pekat. Tetesi cairan amoniak ini pada noda, lalu kucek-kucek. Terakhir cucilah pakaian seperti biasa.

Noda Oli
Ambil secolek mentega lalu oleskan pada noda. Diamkan kira-kira 15-30 menit lalu cuci pakaian seperti biasa.

Noda Minyak
Bila pakaian atau taplak terkena noda minyak, segera taburi tepung atau bedak talek. Diamkan selama 10-20 menit. Bersihkan. Kalau nodanya belum hilang juga, ulangi kembali sampai nodanya hilang. Kalau tak mau hilang juga, gosok noda dengan thinner. Hati-hati jangan lakukan hal ini dekat api.

Cara lain, cuci kain dengan air sabun hangat, tapi jangan panas. Bila yang terkena minyak, pakaian yang terbuat dari nilon, segera taburkan bedak talek pada noda tersebut. Atau ambil kertas minyak untuk muka, taruh di noda. Lalu noda disetrika. Setelah selesai, taburi dengan bedak talek.

Noda Lumpur
Bila suatu hari anak anda pulang dengan pakaian penuh lumpur, jangan panik. Biarkan lumpur mengering, baru setelah itu lmpurnya disikat. Kalau masih ada sisa noda, gosok dengan air rebusan kentang. Terakhir cuci biasa.

Noda Lilin
Bila pakaian atau taplak meja anda ketumpahan lelehan lilin, keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan menyerap kertas tersebut.

Noda Lem
Bila suatu ketika pakaian terkena lem, jangan bingung. Kalau lemnya tembus pandang, olesi aseton pada noda. Tapi kalau lemnya bergetah, noda lem dilap dulu dengan lap basah bersih, kalau sudah kering baru gunakan aseton.

Noda Karat
Masak air di ketel, lalu pakaian yang terkena noda karat dijerang ke uap panas ketel sambil diberi perasan air jeruk nipis. Lalu kucek beberapa saat. Setelah itu cuci seperti biasa.
Atau tetesi bagian yang berkarat dengan cuka dan garam. Lalu gosok sampai bersih. Setelah itu cuci kain dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang.

Cara lain, teteskan air jeruk nipis pada bagian pakaian yang bernoda karat. Sementara itu ambil kain bersih dan celupkan ke air. Lalu taruh kain di atas noda. Setelah itu setrika pakaian yang ditutup kain bersih. Ulangi beberapa kali maka noda karat pun akan hilang.

Noda Getah
Olesi mentega pada noda lalu diamkan sebentar. Setelah itu cuci pakaian atau taplak dengan sabun, sambil daerah yang ternoda dikucek-kucek.

Kalau baru kena getah, segera kucurkan air panas ke pakaian yang bernoda. Kalau tidak mau hilang juga, ambil sagu yang diberi sedikit air. Oleskan larutan sagu ke bagian yang terkena getah itu. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut.

Noda Cokelat
Bila pakaian terkena noda coklat dan sudah dicuci nodanya tidak mau hilang, coba cuci dengan air hangat dan obat penghilang noda. Kalau tidak mau hilang juga, buat campuran gliserin dan kuning telur. Oleskan larutan ini ke noda dan diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu cuci kain dengan air hangat.

Noda Darah
Bersihkan noda darah dengan air garam. Setelah noda hilang, bilas pakaian dengan air hangat. Terakhir cuci seperti biasa.
Bila kain yang bernoda perlu di-dry-clean, sebelum diserahkan ke laundry, olesi noda dengan sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Noda pun akan memudar. Segera setelah itu bawa tekstil ke laundry untuk di-dry-clean.

Noda Cat pada Pakaian
Ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Lalu gosokkan spons ke noda cat sambil dikucek-kucek. Terakhir, cuci seperti biasa.
Atau ambil sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda cat. Gosok kain/pakaian yang bernoda berulang-ulang dan rendam semalaman. Bilas dan cuci seperti biasa.

dari berbagai sumber

Rajaresep.com




Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/rasepcom/public_html/kiri.php on line 128
Komentar :


Warning: mysql_num_rows() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/rasepcom/public_html/kiri.php on line 133
Isi Komentar :
Nama :
E-mail :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 






Aneka Sambal
Ayam
Baso
Bebek
Buah-buahan
Bubur
Burger
Cake
Chinese Food
Coklat
Gorengan
Ice Cream
Ikan & seafood
Kambing
Kue basah
Kue kering
Makanan Tradisional
Masakan eropa
Mie
Minuman
Nasi
Pasta
Roti
Sapi
Sayuran
Serba bakar
Snack
Steak
Telur








...... TEMPAT MAKAN ......
  • Nikmati Petualangan Kuliner Khas Singapura Hanya di Mandarin Oriental, Jakarta 2599 reads

  • Kreatif, Patung-Patung di Toko Ini Dibuat Dari Daging Cincang 515 reads

  • Jojo Ramen - Ramen Sehat Tanpa MSG 702 reads

  • Brocheta, Satay Raksasa Unik Khas Spanyol 544 reads

  • Kuliner Wajib Dibeli kalo jalan-jalan ke Bandung 2224 reads

  • DAFTAR RESTORAN ALL U CAN EAT MURAH DI KOTA JAKARTA 15586 reads

  • Pizza Cokelat Ala Israel Ini Bikin Ngiler 1024 reads

  • Lupakan Duduk di Kursi, Cafe Ini Hanya Punya Ayunan 17484 reads

  • Makan lauk pauk Jadul: Nasi Bancakan Bandung 1154 reads














  • • 23 Desember 2013
    Nituty Cookies at Lotte Mart Festival citylink Bandung

    • 17 Desember 2012
    Merry Christmas 2012 @ Istana Plaza Bandung

    • 25 Desember 2010
    zeldabutik.com gelar diskon upto 40%



    Langganan RSS



    ......... TIPS & TRIK .........
  • Tips Menggoreng Matang Dengan Warna Kuning Keemasan 3281 reads

  • Daging Ayam Amis? Jangan Pakai Jeruk Nipis 1440 reads

  • Ini Lho Asal Bau Tak Sedap di Dapur 908 reads

  • Tips Agar Tangan Tidak Pedas Setelah Memotong Cabai 886 reads

  • 5 Kesalahan Memasak Yang Membuat Anda Gemuk 1514 reads

  • Tips Menggoreng Makanan Agar Rendah Kolesterol 904 reads

  • Cara Membuat Talenan Anda Bebas Bakteri Dan Bau 750 reads

  • Tips Membuat Hiasan Dari Lelehan Cokelat 770 reads

  • Cara Mengolah Sayur Pakis 1209 reads








  • ........ Update Comment ...........


    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/rasepcom/public_html/kanan.php on line 50





    Apa Menu Makanan Favorit Anda?

    Mie Baso
    Sayuran
    Beef Steak
    Ayam Goreng
    Seafood
    Nasi Goreng

    Hasil Poling